Arli Fauzi Pengendara Supra X 125, Suka Nongkrong, Makan, dan Guyonan.

Cara Mengatasi AC Bocor

2 min read

AC sekarang ini memang menjadi kebutuhan yang cukup banyak diminati. Atau bisa dibilang pengguna AC di Indonesia ini selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Hal tersebut dikarenakan masyarakat sudah tahu bahwa udara yang semakin panas. Maka mereka membutuhkan barang elektronik yang bisa membuat mereka sejuk kembali, dan AC menjadi jawabannya.

Karena merupakan barang elektronik tentunya AC tidak bisa selamanya bekerja secara normal. Terkadang ada beberapa kendala dari AC yang justru bisa membuat repot.

Kendala yang biasa dihadapi adalah AC tidak dingin, muncul suara brisik pada AC, hingga AC yang bocor. Nah dari ketiga masalah tersebut, yang paling mengganggu adalah masalah AC bocor.

gambar ac bocor
gambar ac bocor, via : acrepairdavievfl

Oleh karena itu di artikel kali ini Elektronik123 akan membahas tentang cara mengatasi AC bocor, tidak hanya itu namun juga akan dibahas tentang apa saja sih yang membuat AC bisa bocor?

Penyebab AC Bocor Yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti yang dikatakan tadi sebelum kamu tahu cara mengatasi AC yang bocor, kamu perlu tahu apa saja penyebabnya.

1. Saluran Pembuangan Kurang Miring dan Terlalu Panjang

Alasan atau penyebab yang pertama AC kamu bisa bocor adalah saluran pembuangan yang kurang miring. Karena saluran pembuangan yang landai atau tidak miring bisa membuat air buangan tidak mengalir dan keluar dengan baik.

Nah, air buangan yang mengendap tersebut lah yang membuat AC menjadi bocor. Selain posisi saluran pembuangan yang kurang miring, ternyata panjang pendeknya saluran pembuangan juga berpengaruh loh.

Saluran pembuangan yang terlalu panjang bisa membuat air buangan tidak mengalir dan terbuang dengan cepat. Bisa juga terjadi penimbunan dan akhirnya terjadi kebocoran.

2. Air Pembuangan Mampet atau Terhambat

Penyebab yang kedua masih berhubungan dengan pembuangan. Yaitu air pembuangan tidak mengalir dengan baik karena mampet.

Walaupun AC sendiri hanya mengeluarkan air untuk pembuangannya. Bukan tidak mungkin ada debu atau kotoran yang terbawa pada saat proses pembuangan.

Hal tersebutlah yang membuat air pembuangan mampet atau tidak bisa mengalir dengan baik. Sehingga menyebabkan kebocoran.

3. Adanya Kondensasi Pipa

Penyebab yang satu ini sebenarnya merupakan penyebab yang alami. Kondensasi ini terjadi karena perbedaan suhu antara suhu ruangan dan juga suhu pada pipa.

gambar selang ac rusak
gambar selang ac rusak, via : pakeotac

Kebanyakan masalah kondensasi pipa ini terjadi pada perangkat AC yang usianya sudah lama. Hal tersebut karena pembungkus pipa atau bisa kita sebut armaflex yang sudah aus.

4. Pompa Drain Tidak Bekerja dengan Baik

Untuk penyebab yang satu ini bisa disebabkan karena usia dari AC. Namun, bisa juga di sebabkan oleh kesalahan teknis yang membuat pompa drain tidak berfungsi.

5. Ada Celah

Penyebab yang satu ini bisa dibilang penyebab yang sulit diketahui. Biasanya ketika kamu sudah melakukan segala penanganan dan AC masih saja bocor.

Bisa saja AC tersebut terdapat celah yang menyebabkan air pembuangan justru tidak keluar melalui saluran pembuangan. Namun, malah keluar melalui celah tersebut.

6. Pemasangan AC yang Tidak Sempurna

Instalasi atau pemasangan AC ternyata juga berpengaruh pada kinerja dari AC. Untuk AC bocor sendiri ternyata bisa dipengaruhi oleh pemasangan AC.

Nah, itu tadi merupakan beberapa penyebab AC kamu bisa bocor. Setelah kamu tahu penyebabnya barulah kamu perlu tahu juga bagaimana sih cara memperbaiki atau mengatasi AC yang bocor.

Cara Ampuh Mengatasi AC yang Bocor

1. Buka casing dan cek selang

Jika permasalahan saluran pembuangan kurang miring. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membuka casing dari AC (unit indoor).

Setelah itu cek dan pastikan selang di bagian outdoor miring. Dengan begitu aliran air pembuangan akan lebih lancar dan hal tersebut akan mencegah AC bocor. Cara diatas juga bisa kamu lakukan untuk mengatasi AC bocor Indoor.

2. Potong saluran pembuangan

Apabila permasalah ada pada saluran pembuangan yang terlalu panjang sehingga menyebabkan air hasil pembuangan tidak mengalir dengan baik.

Maka sebaiknya potong saja salurannya. Gunakan panjang saluran seperlunya.

3. Bersihkan saluran pembuangan

Jika penyebabnya adalah air pembuangan tidak keluar dengan baik atau mampet. Kamu bisa bersihkan saluran pembuangannya.

gambar membersihkan ac
gambar membersihkan ac, via : handy teknik

Langkah pertama cabut kabel dari stop kontak. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari atau mengurangi resiko tersetrum.

Selanjutnya buka casing untuk unit indoor. Setelah itu semprot dengan air pada bagian saluran pembuangan. Pastikan juga kotoran mengalir dan keluar dari saluran pembuangan. Setelah itu pasang kembali.

4. Gunakan selotip

Apabila terlihat pipa saluran pembuangan bocor dalam artian berlubang. Kamu bisa gunakan selotip khusus untuk pipa. Tutup menggunakan selotip tersebut dan pastikan air tidak akan menetes lagi.

5. Panggil Tenaga Ahli

Jika semua penanganan sudah dilakukan, namun AC masih saja bocor. Sebaiknya kamu panggil tenaga ahli dalam memperbaiki AC.

Karena bisa saja ada hal-hal yang kita tidak tahu yang menyebabkan AC itu bocor. Mungkin ada celah yang kita tidak bisa menjangkaunya.

Atau bisa juga ada kerusakan pada komponen AC. Memanggil tenaga ahli bisa mengurangi resiko kerusakan AC semakin parah.

Baca juga : Cara Membersihkan AC Rumah

Nah, itu tadi merupakan beberapa pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi AC yang bocor. Intinya ketika AC bocor. Kamu cari tahu dahulu apa penyebabnya.

Setelah itu kamu bisa lakukan penanganan-penanganan di atas. Namun, jika dirasa tidak berhasil maka lebih baik panggil tukang servis AC.

Arli Fauzi Pengendara Supra X 125, Suka Nongkrong, Makan, dan Guyonan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *