Arli Fauzi Pengendara Supra X 125, Suka Nongkrong, Makan, dan Guyonan.

Cara Mengisi Freon AC

2 min read

Cara isi freon AC

Kita semua tahu bahwa AC sekarang menjadi barang elektronik yang jadi kebutuhan di masyarakat. Apalagi sekarang ini suhu dan udara yang semakin panas semakin membuat masyarakat membutuhkan AC.

Namun, terkadang kita sebagai pengguna hanya tahu cara menggunakan saja, tanpa tahu bagaimana cara merawat AC, sebagai contoh cara mengatasi ac bocor, cara membersihkan AC rumah, hingga cara mengisi freon AC.

Padahal seperti cara mengisi freon AC setidaknya kita harus tahu, karena kurangnya freon AC menjadi salah satu faktor AC di rumah anda tidak dingin.

Untuk itu di artikel kali ini, elektronik123 akan memberikan tips bagaimana cara mengisi freon AC rumah sendiri.

Sebelum anda tahu bagaimana cara mengisi freon AC, anda perlu tahu, apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian freon AC.

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Mengisi Freon AC

  1. Manifold Gauge (Digunakan untuk mengukur tekanan)
  2. Tang Ampere (Digunakan untuk mengukur arus kerja AC)
  3. Obeng
  4. Kunci Inggris
  5. Refigerant (Freon)
  6. Alat Flaring

Itu tadi merupakan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk mengisi freon AC. Lalu bagaimana caranya?

Cara Mengisi Freon AC Rumah Sendiri

1.Pasang  manifold ke pentil kompresor atau outdoor

Apa yang pertama harus dilakukan? Pertama adalah anda harus membuka tutup pentil dan memasang selang manifold pada kompresor.

Gambar Mengisi Freon AC
Gambar Mengisi Freon AC, via : SHARP Indonesia

Bagaimana caranya? Caranya mudah anda hanya perlu memasang satu selang ke kompresor dan satu selang lagi ke tabung freon.

Karena freon sendiri pada umumnya ada 3 jenis yaitu R22, R32, R410. Dan tiap jenis freon memiliki ukuran ujung manifold yang sesuai dengan jenis mereka.

Jadi jika anda menggunakan freon R22 maka sesuaikan dengan ukuran ujung manifold nya, begitu juga dengan R32 dan juga R410.

Dan pastikan juga ketika anda memasang selang manifold pas dan benar. Karena jika anda tidak benar dalam melakukan pemasangan selang manifold maka jarum pada manifold tidak akan bergerak.

Apabila dirasa anda sudah memasang dengan benar, namun jarum pada manifold masih tidak mau bergerak. Anda bisa bolak-balik selangnya.

2. Lakukan pengisian freon

Langkah ke dua adalah melakukan pengisian freon secara perlahan. Sebaiknya ketika anda melakukan pengisian freon lakukan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa.

Gambar Perlengkapan Untuk mengisi Freon AC
Gambar Perlengkapan Untuk mengisi Freon AC, via : obral.co

Caranya adalah dengan membuka katup manifold dan jarum akan naik. Dan jangan membuka katup manifold secara penuh, karena proses pengisian freon tidak akan maksimal. Jadi buka katup sedikit, tahan lalu tutup kembali katup manifold.

Selain melakukan pengisian dengan perlahan, anda juga perlu melakukan pengisian freon dengan hati-hati. Karena pada saat pengisian sudah pada angkat 30-40 psi, maka secara otomatis pipa AC akan beku dan mengeluarkan es.

Anda tidak perlu panik karena proses ini merupakan proses yang normal dan wajar terjadi. Lanjutkan saja pengisian freon, karena ketika pengisian sudah diatas 40 psi secara perlahan bunga es yang ada pada pipa AC akan hilang.

3. Perhatikan PK dan tekanan freon

Pada saat melakukan pengisian anda perlu tahu berapa kapasitas dari AC atau bisa kita sebut berapa PK AC yang akan diisi freon.

Untuk mengetahuinya anda bisa menggunakan tang ampere. Hal ini dilakukan agar anda tahu berapa tekanan ampere dari AC tersebut, sehingga anda bisa sesuaikan dengan tekanan pada saat pengisian freon.

Apabila AC yang diisi freon 1/2 PK maka lakukan pengisian freon dengan tekanan maksimal 60-70 psi. Jika AC yang diisi freon 3/4 – 1 PK anda bisa lakukan pengisian freon dengan tekanan 80 – 90 psi.

Namun, jangan jadikan PK patokan untuk mengukur tekanan maksimal pengisian freon, justru yang perlu diperhatikan adalah berapa tekanan ampere pada AC.

Karena jika tekanan ampere dan tekanan pengisian freon tidak sesuai atau bahkan jika ampere melebihi batas bisa saja kompresor overload bahkan terputus.

Perhatikan juga untuk freon R32 dan juga freon R410 tekanan pengisian freonnya 120 psi hingga 160 psi.

4. Copot Selang

Apabila anda telah selesai melakukan proses pengisian freon, maka anda perlu melakukan pengecekan pada unit indoor AC. Apakah sudah terasa dingin?

Apabila pada unit indoor AC dirasa cukup dingin, anda bisa copot selang manifold dan tutup kembali tutup pentil AC.

Itu tadi merupakan cara mengisi freon AC yang benar. Cara di atas merupakan cara mengisi freon AC rumah, atau bisa kita katakan AC split.

Perlu diingat, ketika anda melakukan pengisian freon AC anda perlu hati-hati dan lakukan dengan perlahan, jangan tergesa-gesa, karena jika anda melakukannya dengan tergesa-gesa anda tidak bisa mengisi freon dengan maksimal.

Dan perhatikan juga tekanan ampere dan tekanan maksimal pada saat mengisi freon AC. Karena kedua hal tersebut sangat penting, dan jika anda tidak memperhatikan kedua hal tersebut. Bukan tidak mungkin AC anda bisa saja rusak.

Arli Fauzi Pengendara Supra X 125, Suka Nongkrong, Makan, dan Guyonan.

Cara Pasang AC

Arli Fauzi
4 min read

Cara Kerja AC Split

Arli Fauzi
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *