Cara Setting Remote AC Universal

1 min read

Saat ini AC menjadi salah satu barang elektronik yang banyak digunakan masyarakat. Oleh karena itu kepraktisan dalam pengoperasiannya juga sangat diperlukan.

Terlihat dari merk-merk elektronik yang melengkapi produk AC mereka dengan remote wireless. Dengan begitu anda tidak perlu lagi repot-repot mengoperasikan AC anda secara manual.

Namun, bagaimana jika remote bawaan atau remote original dari AC yang anda beli rusak atau tidak berfungsi dengan baik? Ada beberapa opsi, anda bisa gunakan fasilitas remote yang disediakan smartphone masa kini, atau anda juga bisa membeli remote baru.

Ketika anda memilih membeli remote baru, anda juga diberi 2 pilihan, antara menggunakan remote original, atau anda bisa gunakan remote universal. Lalu apa itu remote universal? Remote AC universal sendiri merupakan remote AC yang bisa digunakan oleh banyak merk AC.

Tentunya untuk menggunakannya diperlukan settingan atau pengaturan tertentu pada remote, agar mampu terhubung dengan AC yang anda miliki.

Untuk itu di artikel kali ini elektronik123 akan membahas tentang cara setting remote AC universal, termasuk dengan kode yang digunakan oleh masing masing merk AC.

Untuk remote AC yang digunakan pada tutorial kali ini adalah remote AC merk “CHUNGHOP” karena memang merk remote AC yang satu ini merupakan yang paling banyak digunakan.

Selain itu ada ratusan merk yang kompatibel dengan remote AC merk CHUNGHOP ini. Biasanya untuk tipe remote AC Chunghop yang banyak digunakan adalah tipe K-1028E. Dan di bawah ini merupakan cara setting remote AC universal.

 

Gambar Remote AC Chunghop
Gambar Remote AC Chunghop, via : slatic

Cara Setting Remote AC Universal

  1. Pertama, anda harus menyalakan AC terlebih dahulu.
  2. Sebelum ke langkah selanjutnya anda harus mengecek kode merk AC di bawah ini, sesuaikan dengan merk AC yang anda miliki.

    Gambar Kode Merk AC Chunghop
    Gambar Kode Merk AC Chunghop, via : Chunghop
  3. Setelah menemukannya, anda tekan tombol “set” pada remote anda selama 3 detik, indikatornya ada 3 digit angka pada pojok kanan bawah display remote. Jika sudah berkedip anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya.
  4. Tekan tombol “temp” ke atas maupun ke bawah hingga menunjukkan kode AC yang anda pilih sesuai dengan tabel di atas. Sebagai contoh apabila AC yang anda gunakan Daikin maka kodenya adalah 740-759, atau jika AAC anda Daewoo anda bisa set hingga mencapai kode 332-333.
  5.  Jika sudah menunjukkan kode AC yang sesuai dengan AC yang anda miliki, maka unit indoor AC akan berbunyi beep. Ketika itu remote AC sudah terhubung dengan unit AC anda, setelah itu tekan “OK”.
  6. Coba semua tombolnya dan pastikan semua unit AC bisa menerima semua perintah yang diberikan melalui remote universal.

Ketika semua sudah berfungsi dengan baik, maka remote AC universal sudah bisa digunakan.

Baca Juga  : Cara Pasang AC

Intinya remote AC universal ini sangat praktis, karena dengan 1 remote AC bisa digunakan di banyak tipe AC.

Ketika remote AC anda rusak, anda jadi tidak perlu mencari-cari mana remote yang cocok untuk AC anda.

Untuk remote AC universal sendiri sebenarnya ada banyak merk, tetapi untuk yang paling populer adalah Chunghop dan juga joker.

Perlu anda ketahui juga, untuk harga remote AC universal sendiri berkisar 30 ribu hingga 70 ribuan.

Cara Mengatasi AC Bocor

Arli Fauzi
2 min read

Cara Pasang AC

Arli Fauzi
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *