Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Dampak Penggunaan AC dan Lemari Es

3 min read

Peralatan elektronik sehari-hari biasanya tidak terlepas dengan yang namanya AC, Lemari Es atau biasa disebut dengan kulkas. Kita biasanya sering kali menggunakan peralatan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Kedua peralatan tersebut memang berfungsi untuk mendingkan. Namun, untuk AC berfungsi mendinginkan ruangan. Sedangkan untuk lemari es atau kulkas berfungsi mendinginkan makanan dan minuman.

Namun, apakah kalian tau apa dampak penggunaan AC dan Lemari Es yang biasa kita gunakan sehari-hari ? Apakah berbahaya atau tidak ?

Pastinya ada dampak positif maupun negatif yang dihasilkan bukan ? Lalu apa saja dampak positif dan negatif terhadap dampak penggunaan AC dan Lemari Es tersebut ?

Apakah berbahaya untuk kesehatan kita ? Ataukah dapat membuat kerugian orang lain ? Mari kita bahas penjelasan ini.

 

Dampak positif penggunaan AC dan Lemari Es

1. Dampak Positif AC

Dampak-Positif-AC

AC atau Air Conditioner biasanya kita menggunakan alat tersebut untuk mendinginkan ruangan. Dengan begitu, tidak perlu lagi merasakan panas ketika di dalam ruangan.

Dengan menggunakan AC untuk mendinginkan suhu pada ruangan tersebut. Itu berarti kita tidak lagi menggunakan alat elektronik Kipas Angin.

Jika kita menggunakan AC, kita akan terhindar dari penyakit flek atau paru-paru basah. AC memang juga salah satu penyebab penyakit paru-paru basah itu terjadi.

Namun, untuk AC sendiri lebih meminimalisir terjadi seperti paru-paru basah tersebut. Jika kita menggunakan kipas angin, dan menggunakanya dengan jarak yang dekat itu akan menyebabkan penyakit itu datang.

Namun, ada beberapa dampak positif dari penggunaan AC tersebut ialah :

  • Meningkatkan produktivitas saat bekerja atau saat sedang belajar.
  • Menyejukan ruangan
  • Terhindar dari polusi udara
  • Kualitas udara yang selalu terjaga
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Dapat menangkal berbagai jenis hama yang ada

Penggunaan AC itu sendiri memang selain membuat ruangan menjadi sejuk, kita juga dapat terhindar dari polusi udara kotor yang ada diluar rumah. Dengan begitu, kita dapat meningkatkan kualitas tidur saat malam hari.

Ketika kualitas tidur terjaga dengan baik, maka jika kita melakukan aktivitas pekerjaan ataupun belajar menggunakan AC. Kita juga dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja maupun saat belajar, karena dengan suasana yang nyaman.

 

2. Dampak Positif Lemari Es

Dampak-Positif-Lemari Es

Lemari es atau biasa disebut dengan kulkas. Sebuah alat elektronik yang sering digunakan oleh kita dalam kehidupan sehari-hari. Kita pasti tidak bisa terlepas dengan yang namanya lemari es, karena memang dibutuhkan.

Biasanya lemari es digunakan untuk mendinginkan makanan dan minum. Namun, ada beberapa dampak positif lainnya yang memang juga sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kita.

  • Menjaga kesegaran makanan
  • Membuat es batu
  • Menyediakan ruang penyimpanan kering
  • Meningkatkan cita rasa minuman
  • Mengawetkan makanan

Jika kita menggunakan kulkas atau lemari es, kita dapat menjaga kesegaran makanan. Dalam artian jika kita membeli buah, ketika kita taruh buah tersebut pada lemari es maka akan terjaga kesegaran dari buah tersebut.

Lalu, kita dapat membuat es batu dengan menggunakan lemari es tersebut. Kita hanya dapat menuangkan air kedalam sebuah wadah, lalu letakan wadah tersebut kedalam lemari es. Maka akan menjadi es batu ketika sudah lama diletakan.

Dengan menggunakan lemari es, kita dapat mengawetkan makanan. Seperti, jika kita sudah memasak lalu masakan tersebut belum habis. Maka kita dapat menaruhnya di dalam lemari es tersebut untuk dapat digunakan kembali.

 

Dampak negatif penggunaan AC dan Lemari Es

1. Dampak Negatif AC

Dampak-Negatif-AC

Penggunaan AC sendiri memang ada manfaatnya, selain untuk mendinginkan ruangan tentu juga untuk meningkatkan kualitas tidur kita saat malam hari.

Namun, selain mempunya dampak positif. Penggunaan AC juga memiliki dampak negatifnya sendiri, seperti membuat kulit menjadi kering atau mata perih saat kita terlalu lama di dalam ruangan berAC.

Tetapi, ada beberapa hal dampak dari penggunaan AC itu sendiri, seperti :

  • Masalah Pernapasan
  • Dehidrasi
  • Mata Kering
  • Flu
  • Tidak Tahan Suhu Panas dan Mudah Lelah

Beberapa hal dari dampak negatif atas penggunaan AC itu sendiri memang terbilang cukup parah. Meski begitu, kita sering kali merasakan flu saat berada pada ruangan berAC.

Atau mungkin, kita sering kali jika sedang berada diruangan berAC kita jarang meminum air putih. Itu sama saja dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat penyakit pada tubuh kita sendiri.

Dan hal lainnya ialah tidak tahan suhu panas dan mudah lelah, karena kita berada diruangan berAC. Ketika keluar dari ruangan tersebut dan berada pada situasi suhu yang panas.

Kita dapat dengan mudah merasa lelah, karena apa ? Karena kita memang sudah terbiasa berada pada ruangan berAC itu sendiri.

 

2. Dampak Negatif Lemari Es

Penggunaan lemari es memang kerap kali kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, semisal ketika suhu panas dan kita ingin sekali minum dengan minuman yang dingin. Pasti kita mengambil minuman tersebut dari lemari es.

Namun, disamping itu sendiri. Penggunaan lemari es juga memang memiliki dampak negatif yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitar atau bahkan diri kita sendiri.

Berikut beberapa pengaruh dampak negatif penggunaan lemari es :

  • Makanan Berjamur
  • Susu dan Yoghurt yang masam
  • Global Warming
  • Pembengkakan Tenggorokan
  • Pengikisan Lapisan Ozon di Atmosfer
  • Pemborosan Listrik

Selain kita mendapatkan manfaat dari penggunaan lemari es, kita juga mendapatkan dampak negatif dari penggunaan lemari es itu sendiri ternyata.

Seperti global warming yang terjadi yang disebabkan oleh gas klorofluorokarbon (CFC). Gas tersebut berbentu dalam freon yang digunakan untuk pendinginan lemari es dan juga AC.

Dampak-Penggunaan-AC-dan-Lemari-Es

Dampaknya yang terjadi ialah dengan adanya pemanasan global yang dapat merusak lapisan ozon, dan meningkatkan suhu di permukaan bumi itu sendiri.

Nah, setiap pemakaian barang elektronik memang memiliki dampak positif dan negatifnya. Tergantung kita sendiri, apakah mau menerimanya atau tidak ?

Semoga penjelasan diatas dapat memberikan informasi tambahan atas dampak penggunaan AC dan lemari es itu sendiri.

Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *