Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Evaporator AC Split

2 min read

Saat kita menggunakan salah satu produk elektronik yaitu AC, pasti kita sering merasakan berbagai hal kerusakan kan ?

Pernahkah kita merasakan terkadang udara yang dihasilkan pada AC tersebut terasa panas atau bahkan tiba-tiba keluar air pada AC tersebut ?

Evaporator-AC-Split

Dari manakah asal itu ? Sebenarnya jika kita mengetahui dari mana asalnya kita dapat mengetahui apa fungsi alat tersebut.

Alat tersebut merupakan evaporator, semua jenis AC dari mulai AC LG, SHARP atau bahkan yang lainnya memang mempunyai sebuah evaporator sendiri.

Entah itu dengan jenis kapasitas 1 PK, 1/2 PK ataupun 2 PK sekali pun pasti mempunyai sebuah evaporator didalamnya.

Namun, sebelumnya apakah sudah kalian mengetahui apa itu evaporator AC split ? Sebenarnya evaporator itu digunakan untuk  menampung uap dingin yang di hasilkan melalui proses refrigrasi.

Lalu ? Sebenarnya apa sih fungsi dari evaporator ? Kenapa penting sekali untuk kebutuhan pada AC split ? Lalu apa penyebabnya jika terjadi kerusakan pada evaporator ?

 

Fungsi Evaporator AC Split

Fungsi-Evaporator-AC-Split

Sebenernya apa sih fungsi dari sebuah evaporator itu sendiri ?

Setelah dibahas sebelumnya bahwa evaporator itu digunakan untuk menampung uap dingin.

Sebenarnya fungsi evaporator itu sendiri sebenarnya untuk mengalirkan dan menyerap panas dari udara ke dalam ruangan refrigerant.

Wujud cair dari refrigerant akan berubah menjadi gas setelah melalui pipa kapiler. Lalu udara tersebut masuk ke sirip pipa kapiler.

Sehingga suhu udara yang keluar dari sirip-sirip menjadi lebih randah dari keadaan semula atau pada saat udara kondisi dingin.

Dan pada evaporator tersebut dibuat dengan menggunakan tembaga dan alumunium. Pada alumunium tersebut dibentuk sirip-sirip untuk melindungi pipa tembaga tersebut.

Selain itu juga sirip alumunium disini yang di maksud agar uap yang sudah menjadi air bisa langsung mengalir tepat di talang pembuangan air.

Pad prinsipnya evaporator disini sebenarnya udara yang dihasilkan udara yang berada pada ruangan tersebut diserap oleh evaporator dan melewati sirip-sirip pipa.

Sehingga udara yang dikeluarkan dari sirip-sirip pipa tersebut menghasilkan udara yang segar dan sejuk saat kita gunakan.

Selain itu juga pada evaporator tersebut sering terjadi kerusakan yang mengakibatkan udara atau suhu yang dihasilkan tidak maksimal.

Lalu apa sih penyebabnya jika terjadi kerusakan ? Apalagi bahkan sampai terjadi kebocoran pada evaporator tersebut.

Pastinya membuat kita pusing bukan ? Dan kita tidak tau apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi kerusakan dan kebocoran tersebut ? Begini penjelasannya.

 

Penyebab Evaporator AC Split Bocor

Penyebab-Evaporator-AC -Split -Bocor

Jika kita sudah merasakan tidak enak pada AC yang kita gunakan dan juga tidak merasakan udara yang tidak sejuk apa lagi sampai panas berarti AC tersebut sedang mengalami kerusakan.

Sebenarnya pada evaporator itu sendiri kerusakan yang terjadi pada evaporator AC split biasanya erosi di sebabkan dari usia AC tersebut sudah terlalu lama.

Sehingga tejadilah kebocoran freon. Selain itu faktor yang menyebabkan kebocoran yaitu kesalahan dari pengguna sendiri yaitu terkena benda tajam.

Oleh sebab itu jangan sampai kita jangan sampai saat membersihkan evaporator AC dengan menggunakan benda tajam yang nantinya akan merusak evaporator itu sendiri.

Lalu berikut penyebab evaporator AC split bocor.

 

1. Penumpukan Kotoran

Jika sudah terjadi penumpukan kotoran pada saluran pembuangan, sirkulasi udara yang dihasilkan terhambat. Oleh sebab itu kita harus sering memeriksa dan membersihkan debu tersebut.

 

2. Kurang Perawatan

Saat kita menggunakan AC sebaiknya kita sering-sering untuk merawat AC tersebut, karena jika tidak maka akan terjadi kerusakan bahkan kebocoran dan juga menyebabkan korosi.

 

3. Tekanan Freon Berlebihan

Freon sendiri memang melakukan sirkulasi udara yang akan keluar atau dihasilkan. Jika tekanan freon yang dihasilkan tidak semestinya atau berlebihan maka akan terjadi kerusakan pada evaporator tesebut.

 

4. Sistem Freon Mampet

Jika sistem freon mampet, maka akan mengakibatkan udara atau suhu yang dihasilkan tidak bekerja dengan baik. Maka sebaiknya untuk membersihkan kotoran yang membuat freon tersebut mampet.

 

5. Tidak Memakai Filter Kabin

Nah, jika kita tidak menggunakan filter kabin pada evaporator tersebut. Maka akan mengakibatkan kebocoran pada evaporator itu sendiri.

 

6. Usia Pemakaian

Nah, yang ini memang sudah waktunya. Sering-sering kita untuk mengecek apakah usia evaporator tersebut sudah waktunya di ganti atau belum.

Jika memang sudah waktunya, maka sebaiknya untuk menggantinya dengan yang baru. Namun, bagaimana dengan harga yang ada pada penjualan evaporator itu sendiri ?

Berikut penjelasan mengenai harga evaporator AC split tersebut.

 

Harga Evaporator AC Split

Harga-Evaporator-AC -Split

Jika terjadi kerusakan atau kebocoran. Apa lagi jika memang sudah usia pemakaian yang cukup lama dan perlu digunkan, namun bingung dengan harganya ?

Nah, berikut penjelasan mengenai harga evaporator AC split itu sendiri.

Type EvaporatorHarga
evaporator ac split merk SHARPRp 1.050.000,-
Evaporator AC Split Polytron NeuvaRp 590.000,-
Evaporator Ac Split Sharp Type Ah-05 09SEYRp1.680.000,-
Evaporator Ac Split Daikin ThailandRp1.950.000,-

Nah, itu berikut beberapa penjelesan mengenai evaporator AC split yang biasanya kita gunakan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat.

Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Biaya Pasang AC

Arli Fauzi
1 min read

Evaporator AC Mobil

Zuhair Yahya
2 min read

Kondensor AC Rumah

Zuhair Yahya
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *