Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Kompresor AC Mobil

3 min read

Pernahkah kita merasakan ketika menggunakan mobil, tetapi AC pada mobil tersebut tidak terasa dingin. Atau malah hanya angin saja yang keluar tanpa ada rasa sejuk ketika udara itu keluar ?

Jika pernah, maka penyebabnya ialah pada kompresor AC mobil itu sendiri. Biasanya kompresor itu rusak disebabkan oleh berbagai faktor yang terjadi.

Entah pada kompresor AC mobil avanza, xenia atau berbagai macam produk mobil yang lainnya, karena memang masing-masing mobil memiliki kompresor AC yang diletakan pada bagian mesin mobil.

Kompresor sendiri memang bertugas untuk menekan gas freon ke seluruh sistem. Biasanya kompresor ini di analogikan sebagai jantung bagi keseluruhan sistem.

Kompresor-Ac-Mobil

Jika kompresor itu rusak, maka sistem AC mobil tidak akan bekerja. Oleh sebab itu jika terjadi kerusakan pada kompresor AC mobil, sebaiknya untuk mengganti kompresor tersebut.

Entah dengan membelinya dengan yang baru atau yang bekas. Biasanya kompresor tersebut rusak dapat kita ketahui pada bunyi kompresor itu sendiri, dan bunyi yang dihasilkan ialah berisik pada kompresor tersebut.

Jika pada thrust bearing longgar, maka bunyi berisik tersebut dapat kita atasi dengan mengencangkan pada bagian thrust bearing itu sendiri.

Nah, lalu apa saja penyebab kompresor AC mobil rusak ? Dan mengapa kompresor AC tersebut terjadi kerusakan ? Dan bagaimana cara mengatasinya ? Begini penjelasannya.

Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

Penyebab-Kompresor-Ac-Mobil-Rusak

Jika kita merasakan kerusakan pada kompresor AC mobil, entah yang dirasakan AC yang tidak bisa menyala atau bahkan tidak ada udara yang dihasilkan atau hanya panas yang dihasilkan.

Sebenarnya penyebab kompresor AC mobil rusak itu sendiri dapat kita ketahui penyebabnya dengan mudah, begini penjelasan penyebabnya.

1. Komponen Seal Bocor

Biasanya, pada komponen seal terdapat kebocoran yang disebabkan oleh keretakan atau robek. Yang nantinya akan menghasilkan AC menjadi kurang dingin.

 

2. Terputus Sekring

Jika sekring terputus, maka aliran listrik yang dihasilkan menuju kompresor tersebut pun terputus dan mengakibatkan AC terhenti.

 

3. Oli Kompresor Habis

Jika oli kompresor habis maka akan mengakibatkan performa komponen-komponen yang lainnya bahkan komponen kompresor itu sendiri menjadi terganggu.

 

4. Terlalu Banyak Freon

Jika kita ketika mengisi freon yang terlalu banyak, maka akan mematikan kompresor itu sendiri. Yang berarti nantinya kompresor AC tidak akan berjalan.

 

5. Terlalu Sedikit Freon

Sama halnya seperti terlalu banyaknya freon, jika kita mengisinya terlalu sedikit maka akan mengakibatkan freon bekerja terlalu keras dan hasilnya akan merusak pada kompresor itu sendiri.

 

6. Kipas AC Mati

Jika kipas AC mati atau melemah maka akan mengakibatkan over heat, jika terjadi over heat maka akan mengakibatkan kerusakan pada kompresor itu sendiri yang menjadi panas.

 

7. Usia Pemakaian

Jika kita menggunakan mobil, alangkah lebih baiknya kita mengetahui berapa usia pada kompresor AC mobil tersebut. Jika memang waktunya untuk diganti, maka gantilah dengan yang baru agar tidak terjadi kerusakan.

 

8. Terjadi Mampet/Kebuntuan

Kebuntuan terjadi atas akibat terhambatnya sirkulasi freon yang mengakibatkan kompresor harus memompa sirkulasi freon yang terhambat tersebut.

Lalu ? Bagaimana cara mengatasinya ? Jika terjadi kerusakan pada kompresor AC mobil tersebut ? Begini penjelasannya.

Jika terjadi kerusakan pada kompresor yang macet atau terhambat, biasanya terjadi akibat karat yang terdapat pada shaft kompresor itu sendiri.

Cara mengatasinya dapat dengan membersihkan karat yang ada pada kompresor tersebut, dan mengganti oli kompresor dengan yang baru.

Jika terjadi kerusakan pada kompresor yang berisik, itu sebabkan akibat kesalahan pada pengisian pelumas oli yang menyebabkan kebocoran pada kompresor AC.

Dan biasanya suara yang berisik akibat thrust bearing yang longgar, itu juga dapat diatasi dengan mengencangkan kembali thrust bearing yang longgar tersebut.

Nah, merawat kompresor AC memang sudah seharusnya di lakukan rutin untuk menjadi kualitas kompresor dan juga udara yang dihasilkan agar tidak adanya kerusakan.

Dan pada kompresor AC tersebut memiliki rangkaian elektronik pada amplifier tersebut, kita harus tetap mengeceknya secara rutin.

Lalu, bagaimana untuk harga oli kompresor AC mobil tersebut ? Berikut penjelasannya tentang harga oli tersebut.

 

Harga Oli Kompresor AC Mobil

Harga-Oli-Kompresor-AC-Mobil

Jika terjadi kerusakan pada kompresor AC mobil, bisa jadi disebabkan oleh oli pelumas yang digunakannya. Nah, berikut penjelasan mengenai harga oli kompresor AC mobil.

Oli Kompresor AC MobilHarga
Pelumas KompresorRp 170.000,-
Kompresor AC HFC 134a ND-oil8Rp 50.000,-
Oli Kompresor R134 PaoilRp 265.000,-
Oli Kompresor PAG100Rp 170.000,-
Oli penghilang bunyi kompresorRp 45.000,-
Oil Nd8 Oli CompresorRp 574.000,-

Nah, berikut daftar harga oli kompresor AC mobi, cocok untuk anda jika terjadi kerusakan pada kompresor mobil anda yang mengakibatkan suhu AC menjadi panas.

Lalu, bagaimana jadinya jika malah kompreseor AC mobil tersebut yang rusak ? Berapa harga kompresor AC mobil tersebut ? Berikut penjelasannya.

 

Harga Kompresor AC Mobil

Harga-Kompresor-AC-Mobil

Jika malah terjadi kerusakan pada kompresor AC mobil, maka kita harus menggantinya dengan yang baru. Nah berikut penjelasan mengenai harga kompresor AC mobil itu sendiri.

Type Kompresor AC MobilHarga
KOMPRESOR AC MOBIL 508Rp 1.150.000,-
KOMPRESOR AC MOBIL DAIHATSU GRANDMAX XENIA 1000 ccRp 950.000,-
Kompresor Ac Mobil Suzuki Carry 1.5 CcRp 1.100.000,-
Kompresor AC Mobil CHEVROLET SPARK, DAEWO MATIZ, CHERRY QQRp 2.850.000,-
Compresor Daihatsu SirionRp 1.700.000,-
kompresor ac mobil suzuki aerioRp 2.000.000,-
Mercedes Benz Mercy C180 W202Rp 2.950.000,-
Kompresor Ac Mobil Hyundai AtozRp 1.850.000,-
Kompresor Ac Mobil Suzuki SplashRp 1.900.000,-
Compresor Ac Mobil Suzuki Forsa Vitara KatanaRp 900.000,-
Kompresor ac mobil suzuki apv 10S15CRp 1.560.000,-
Kompresor Ac Mobil Chevrolet Captiva DieselRp 2.250.000,-
OMPRESOR AC MOBIL HONDA NEW CRV 2004 – 2006Rp 2.900.000,-
Kompresor AC Mobil Mazda CX-5Rp 2.100.000,-

Nah, berikut daftar harga kompresor AC mobil dengan begitu jika anda ingin mengganti kompresor AC mobil dapat mempunyai gambaran berapa uang yang harus dikeluarkan.

Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Evaporator AC Split

Zuhair Yahya
2 min read

Evaporator AC Mobil

Zuhair Yahya
2 min read

Kondensor AC Rumah

Zuhair Yahya
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *