Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Kondensor AC Mobil

2 min read

Apa jadinya jika AC pada mobil panas ? atau udara yang dihasilkan pada AC mobil itu tidak berjalan semestinya ? Dan itu terjadi ketika macet.

Pastinya panas bukan ? Dan tidak nyaman bukan ketika berkendara ? Nah sebenarnya ada salah satu produk yang memang berfungsi untuk melakukan kinerja sirkulasi udara tersebut.

Salah satu alat yang bekerja tersebut dinamakan dengan kondensor AC mobil, kondensor AC mobil tersebut yang bertugas mengatur sirkulasi udara pada AC mobil.

Kondensor-Ac-Mobil

Kondensor AC mobil, biasanya salah satu sistem tersebut berbeda dan terpisah dengan sistem mesin mobil. Dan juga kondensor AC mobil bukan termasuk kedalam sistem elektronik.

Sebenarnya kondensor AC mobil tersebut merupakan salah satu komponen yang merupakan bagian kedalam sistem AC mobil dan terpisah dari sistem mesin mobil.

Jadi, komponen kondensor AC mobil itu digunakan untuk membuang udara panas dari freon yang digunakan yang berasal dari kompresor AC tersebut.

Contohnya, jika kita mempunyai mobil avanza, sudah selayaknya kita selalu mengecek bagian kondensor AC mobil tersebut. Karena memang itu bagian terpenting dari sebuah AC mobil.

Jika terjadi kerusakan pada AC mobil, pertama kali yang kita lihat ialah bagian kondensor mobil, karena bagian ini memang rentan terjadi kerusakan.

Nah, lalu sebenarnya apa sih fungsi dari kondensor AC mobil itu sendiri ? Kenapa sangat berpengaruh pada bagian AC mobil ?

 

Fungsi Kondensor AC Mobil

Sebenarnya, fungsi dari kondensor AC mobil itu sendiri sederhana. Tapi memang, sangat berpengaruh jika terjadi kerusakan pada bagian AC mobil.

Fungsi-Kondensor-AC-Mobil

Kondensor AC mobil sendiri memiliki fungsi untuk membuang panas yang dihasilkan oleh gas, yang di pompa oleh kompresor AC dengan bantuan kipas pendingin.

Ketika freon memasuki kondensor dari kompresor, kemudian freon bergerak ke kondensor dan menciptakan panas tetapi udara yang ada di sekitar tabung dari kondensor membuat Freon nya menjadi dingin sampai berbentuk cairan.

Proses ini yang membuat cairan yang berfungsi mendinginkan mobil. Ketika pindah dari kondensor cairan melewati dryer. Fungsi dari dryer ini adalah untuk menghisap air yang memasuki sistem ac mobil tersebut.

Jadi bisa dibayangkan bukan, bagaimana jika terjadi kerusakan pada kondensor AC mobil ? Akan terasa sangat panas sekali udara yang dihasilkan pada AC tersebut.

Karena memang kondensor itu membuang panas, jadi yang awalnya freon itu berbentuk gas tidak akan berubah menjadi cair.

Itu sebabnya jika terjadi kerusakan pada kondensor AC mobil akan terasa panas pada bagian AC mobil tersebut. Karena memang tidak adanya pembuangan gas itu sendiri.

Dengan kita memahami penyebab kerusakan dan juga cara mengatasinya, pastinya tidak akan terjadi kerusakan yang lebih parah lainnya.

Lalu, bagaimana penyebab kondensor AC mobil bocor ? Karena memang sering sekali kondensor AC mobil tersebut mengalami kebocoran.

Penyebab Kondensor AC Mobil Bocor

Salah satu penyebab kondensor AC mobil bocor ialah faktor usia dan juga faktor trauma. Maksudnya disini ialah usia yang memang waktunya kondensor tersebut untuk di ganti dengan yang baru.

Penyebab-Kerusakan-Kondensor-AC-Mobil-Bocor

Karena memang sudah keropos dan juga berkarat, menjadi faktor penyebab kondensor AC mobil tersebut bocor, dan juga faktor trauma.

Yang memang akibat adanya benturan yang terjadi karena kecelakaan atau benturan tersebut keras yang mengakibatkan kondensor tersebut pecah dan akhirnya bocor.

Penyebab lainnya pun ada pada kondensor AC mobil bocor tersebut. Berikut penjelasannya lengkapnya.

1. Faktor usia

Sebenarnya sudah dijelaskan sebelumnya faktor usia ini memang akibat kondensor tersebut memang sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru.

2. Faktor Trauma

Faktor trauma sendiri memang diakibatkan sesuatu hal yang pernah terjadi pada mobil tersebut, semisal terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kondensor AC mobil pecah.

3. Freon Habis

Freon habis memang menjadi permasalahan yang mendasar mengapa kondensor terjadi kerusakan, karena memang biasanya disebabkan karet yang sudah putus.

4. Kondensor Kotor

Penyebab yang mendasar pada kerusakan kondensor AC mobil iaah kondensor yang kotor karena memang tidak pernah dibersihkan, yang mengakibatkan sirkulasi pembuangan udara terhambat.

Nah, itu beberapa penyebab yang terjadi karena kondensor AC mobil rusak. Sebenarnya jika kita dapat merawatnya dan menggantinya ketika usianya telah jatuh tempo.

Pasti tidak akan terjadi kerusakan atau kebocoran pada kondensor AC mobil tersebut, dan suhu udara AC tersebut tetap terasa dingin.

Lalu, jika usianya sudah harus diganti ? Bagaimana soal harga kondensor AC mobil tersebut ? Berikut penjelasan lengkapnya.

Harga Kondensor AC Mobil

Jika memang usia atau faktor trauma terjadi pada kondensor AC mobil, alangkah lebih baiknya jika menggantinya dengan yang baru.

Harga-Kondensor-Ac-Mobil

Berikut akan kita jelaskan mengenai harga kondensor AC mobil tersebut.

Type Kondensor AC MobilHarga
Condensor Kondensor Ac Mobil Honda JazzRp 650.000,-
Kondensor Ac Mobil Suzuki SwiftRp 650.000,-
Kondensor AC Mobil Toyota Avanza 1.5Rp 650.000,-
Condensor Ac Mobil Katana JimnyRp 750.000,-
Condensor Ford Ranger / EverestRp 650.000,-
Kondensor AC Mobil Mitsubishi OutlanderRp 1.687.500,-
KONDENSOR AC TOYOTA ALL NEW CAMRY 2008Rp 995.000,-
Kondensor AC Mobil Honda FreedRp 750.000,-
Kondensor AC Mobil Honda MobilioRp 650.000,-
Kondensor Ac Mobil Innova DieselRp 650.000,-
Kondensor AC Mobil Mazda LantisRp 850.000,-

Nah berikut penjelasan harga kondensor AC mobil, jika kondensor AC mobil kalian mengalami kerusakan dan juga ingin membelinya yang baru. Bisa datang ke toko-toko terdekat.

Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Evaporator AC Split

Zuhair Yahya
2 min read

Evaporator AC Mobil

Zuhair Yahya
2 min read

Kondensor AC Rumah

Zuhair Yahya
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *