Motherboard Rusak

Pengunaan komputer dan laptop pada saat ini memang sangat pesat sekali dan bahkan merajai pasar elektronik dan dunia teknologi saat ini memang sudah pastinya semua penggunaannya menggunakan komputer.

Motherboard-Rusak

Dengan banyaknya para pengguna komputer yang ada pada saat ini, membuat para produsen komputer atau laptop itu sendiri memproduksi komponen komputer.

Salah satunya ialah produksi motherboard itu sendiri. Karena memang motherboard sendiri ialah salah satu perangkat yang sangat penting dalam sebuah komputer.

Jika tidak ada motherboard, maka tidak akan ada yang namanya komponen lainnya seperti RAM, Processor, Hardisk atau bahkan yang lainnya.

Lalu, bagaimana jika motherboard yang kamu pakai biasanya itu malah terjadi kerusakan. Apakah penyebab dari kerusakan tersebut ? Bagaimana cara mengatasinya ? Begini penjelasan lengkapnya.

 

Penyebab Motherboard Rusak

Penyebab-Motherboard-Rusak

Jika kamu sering menggunakan komputer atau laptop. Pastinya kamu sering mengalami kerusakan pada bagian komponen yang ada pada motherboard tersebut bukan ?

Atau bahkan bisa jadi kamu pernah mengalami jika motherboard yang kamu pakai malah menjadi rusak dan tidak bisa digunakan kembali ?

Itu pasti sedih bukan ? Lalu ? Apa sih penyebab dari kerusakan motherboard yang sebenarnya ? Apakah dapat diperbaiki lagi ? Atau langsung dibuang saja ? Begini penyebab motherboard rusak.

1. Daya Listrik Tidak Stabil

Nah yang pertama ini, seharusnya kamu harus memperhatikan daya listrik yang kamu pakai saat bermain komputer. Apakah stabil atau tidak ?

Jika tidak stabil maka akan mengakibatkan kinerja komputer menjadi bermasalah dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada motherbard itu sendiri.

Nah, oleh sebab itu kamu harus memastikan bahwa daya listrik yang kamu gunakan harus stabil dan sesuai dengan kebutuhan komputer tersebut.

Atau kamu juga bisa menambahkan perangkat stabilizer/UPS  yang  dimana memang jika terjadi pemadaman listrik yang secara mendadak, maka daya pada komputer.

Tidak akan langsung drop, namun akan melakukan penurunan daya secara bertahap. Dan juga tidak stabilnya daya listrik yang digunakan.

Maka akan mengakibatkan kerusakan hingga sampai mati total. Namun, jika daya tidak stabil juga mengakibatkan kerusakan pada komponen yang lainnya.

 

2. Arus Pendek/Konsleting Listrik

Nah, ini merupakan salah satu yang sering terjadi di lingkungan kamu, pastinya kamu sering sekali bukan mendengan berita tentang adanya kebakaran ?

Sebenarnya, kebanyakan dari permasalahan tersebut disebabkan oleh adanya arus pendek atau konsleting listrik. Yang dimana ini akan menyebabkan kerusakan pada motherboard dan juga bahkan menyebabkan kebakaran.

Oleh sebab itu selalu pastikan tentang daya listrik yang dihasilkan, karena jangan sampai merusak motherboard atau bahkan mengakibatkan kebakaran.

 

3. Terkena Air

Ini merupakan salah satu penyebab yang sering kali kita lalai dalam menjaganya atau merawatnya. Karena memang ini sering terjadi.

Kamu yang memang memiliki pekerjaan yang dimana mewajibkan anda ketika bekerja harus selalu berada di depan komputer atau laptop.

Maka, pastinya kamu sering kali membawa air minum atau bahkan kopi agar berada disamping meja kerja kamu. Dengan begitu kamu merasakan nikmat ketika bekerja.

Namun, ada hal yang seharusnya diperhatikan yaitu jangan sampai air atau kopi yang ada di meja kerja kamu berada dekat dengan perangkat komputer.

Usahakan air minum atau kopi yang kamu gunakan sudah menjauhi perangkat tersebut agar tidak tersenggol dan tumpah hingga membuat rusak komponen komputer yaitu motherboard dan yang lainnya.

 

4. Overheat

Salah satu penyebab motherboard rusak ialah karena terjadinya overheat pada bagian CPU komputer kamu. Nah ini menyebabkan panas yang belebihan.

Karena panas yang berlebihan ini akan mengakibatkan kerusakan pada perangkat komputer kamu misalnya motherboard tidak akan berfungsi sebagai mana biasanya.

Biasanya, overheat ini sering sekali terjadi dan komponen CPU yang sering terkena ialah processor, hardisk, RAM, VGA card.

Jika kerusakan pada komponen tersebut tidak segera di selesaikan maka akan mengakibatkan kerusakan yang merambat ke arah motherboard kamu.

 

5. IC Terbakar

Nah, sebenarnya permasalahan ini masih saling berkaitan dengan sebelumnya masalah overheat. Yang dimana memang terbakarnya IC atau komponen komputer.

Awal mulanya pasti dari overheat tersebut. Penyebabnya karena ketika kamu bermain komputer atau laptop, sirkulasi udara yang seharusnya dikeluarakan.

Malah terhambat, yang mengakibatkan kipas yang seharusnya mendinginkan komponen yang ada pada komputer menjadi tidak maksimal.

Dengan kejadian seperti itu maka terjadilah masalah overheat. Yang dimana jika dibiarkan maka akan mengakibatkan terbakarnya IC dan merambat ke arah motherboard kamu.

Lalu ? Jika kamu sudah mengetahui apa saja penyebab dari kerusakan motherboard kamu sendiri. Lalu, sebenarnya apa sih kerusakan yang sering terjadi pada motherboard ? Begini penjelasannya.

 

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Motherboard

Kerusakan-Yang-Sering-Terjadi-Pada-Motherboard

Jika kamu sudah mengetahui apa saja penyebab kerusakan pada motherbard yang kamu gunakan saat ini. Lalu apa saja sih kerusakan yang sering terjadi pada motherboard ?

Pastinya kamu bertanya-tanya bukan ? Apalagi kamu yang baru menggunakan komputer dan laptop pada saat ini, kenapa sering terjadi kerusakan pada motherboard. Begini penjelasanya.

1. Sering Terjadi Hang

Kamu pasti sering seklai bukan ketika bermain komputer atau laptop, sering mengalami kejadian hang pada komputer atau laptop kamu?

Apa sih penyebabnya ? Sebenarnya, penyebabnya itu karena jenis memori yang tidak cocok. Oleh sebab itu jika kamu ingin mengganti memori hardisk atau RAM.

Pastikan kamu harus mengetahui, bahwa laptop atau komputer yang kamu gunakan itu sesuai dengan frekuensi yang akan kamu beli nantinya.

Atau bisa juga karena disebabkan oleh adanya virus yang menempel pada komputer atau laptop kamu saat ini. Ini bisa menjadikan kamu selalu mengupdate anti virus.

Dengan begitu tidak akan ada virus yang dapat membuat komputer atau laptop kamu menjadi hang atau tidak dapat bekerja sama sekali.

 

2. Kinerja Lambat

Jika kamu menggunakan komputer yang sudah lama, pasti sering mengalami bahwa kinerja pada komputer atau laptop itu semakin lama malah semakin melambat.

Sebenarnya penyebabnya itu dari memori yang digunakan kurang cukup besar, dan memang solusinya ialah dengan melakukan penambahan memori agar tidak lambat lagi.

Atau bisa juga disebabkan oleh processor yang digunakan terlalu panas, yang mengakibatkan kinerja komputer melambat, ini bisa diarasi dengan menggunakan alat pendingin komputer.

 

3. CMOS Failure

Jika kamu sering merasakan bahwa laptop atau komputer kamu semakin lama malah semakin error atau bahkan waktu dan tanggal.

Pada komputer tersebut menjadi berubah otomatis, sebenarnya penyebab ini dikarena karena baterai CMOS yang sudah habis. Dan memang harus diganti dengan yang baru.

Dan juga sering terjadi kerusakan pada setting BIOS yang sebelumnya sudah kamu setting. Ini bisa diatasi dengan mensetting ulang, dan mengembalikan ke settingan default.

 

4. Restart Sendiri

Pernahkah kamu mengalami, ketika bermain komputer atau laptop tiba-tiba ke restart sendiri secara otomatis ? Pastinya pernah dong.

Ini biasanya disebabkan power supply yang digunakan tidak bekerja secara normal, atau bisa dilakukan dengan mengganti power supply dengan yang baru.

Atau bisa juga karena motherboard yang berdebu karena tidak pernah dibersihkan, ini merupakan salah satu penyebab dari kerusakan motherboard.

Jika kita sudah mengetahui kerusakan yang sering terjadi pada motherboard, lalu ? bagaimana cara mengatasinya ? Begini penjelasannya.

 

Cara Mengatasi Motherboard Rusak

Cara-Mengatasi-Motherboard-Rusak

Jika sudah terjadi kerusakan pada motherboard kamu yang memang kerusakan tersebut atas dasar kamu sendiri yang melakukannya atau tidak disengaja.

Itu semua bisa diatasi dengan solusi, lalu ? bagaimana cara mengatasi motherboard rusak ? Apakah masih bisa digunakan kembali ? Begini penjelasannya.

1. Mengatasi Overheat

Jika memang kerusakan pada motherboard disebabkan oleh overheat, maka bisa diselesaikan dengan cara mengganti pasta fan pada bagian slot processor.

Jika pasta fan kering, maka kipas pada motherboard tersebut akan bekerja dengan cepat. Yang dimana jika kipas bekerja dengan cepat akan mengakibatkan overheat.

 

2. Mengatasi IC Terbakar

Sebenarnya kan IC terbakar itu disebabkan oleh daya yang dihasilkan tidak maksimal dan juga panas yang berlebihan bukan ?

Nah, jika memang seperti itu. Maka harus dengan menambahkan kipas tambahkan pada bagian luar. Yang dimana ini menyebabkan akan mengurangi panas yang berlebihan.

 

3. Mengatasi Tegangan Tidak Stabil

Jika kamu mengalami kerusakan motherboard yang disebabkan oleh tegangan yang tidak stabil. Maka, sebaiknya kamu harus menggunakan stabilizer/UPS.

Yang dimana alat tersebut dapat membuat tegangan listrik kamu menjadi stabil dan tidak akan merusak motherboard dan komponen lainnya.

 

4. Mengatasi Overclocking

Nah, yang terakhir. Jika kamu merupakan seorang teknisi komputer atau kamu seorang gamers yang memang harus mempercepat kinerja komputer kamu dengan menggunakan overclocking.

Maka, ini merupakan salah satu cara yang salah. Kamu bisa mengatasi overclocking tersebut dengan menggunakan software tambahan seperti cache cleaner atau game booster.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai motherboard rusak, penyebab motherboard rusak, kerusakan yang sering terjadi dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kamu.

Kategori Tips

Arli Fauzi

Pengendara Supra X 125, Suka Nongkrong, Makan, dan Guyonan.

Tinggalkan komentar