Reset Printer Epson L120

Apakah kamu dirumah mempunyai sebuah printer ? Bagaimana jadinya jika printer dirumah kamu terjadi sebuah error dand tidak bisa digunakan ?

Memang, jika kamu mempunyai sebuah perangkat elektronik pastinya akan sering mengalami error atau kerusakan.

Lalu ? Kamu berpikir akan meresetnya ke setelan pabrik. Namun, bagaimana cara reset printer Epson L120 ? Dan apa penyebab errornya ? Begini penjelasannya.

 

Penyebab Error Printer Epson L120

Penyebab Error Printer Epson L120

Biasanya ketika printer mengalami error, pastinya kamu akan menganggap bahwa printer tersebut rusak bukan ?

Padahal belum tentu juga, karena bisa jadi printer kamu itu hanya mengalami error saja dan bisa untuk diperbaiki kembali. Berikut penyebab error printer Epson L120 :

1. Ink Run Out Error 

Apa maksudnya  ? Maksudnya ialah bahwa printer tidak bisa mendeteksi tinta di dalam catridge, biasanya kamu dapat melihatnya.

Pada bagian monitor atau layar laptop yang kamu gunakan, pasti akan muncul sebuah pemberitahuan peringatan bahwa terjadi error pada printer yang kamu gunakan.

Solusinya cukup simple karena hanya dengan meresetnya, kamu akan merasakan printer yang kamu gunakan akan kembali seperti biasanya.

 

2. End Of Service Life atau Ink Absorber Is Full

Maksud dari masalah ini ialah, penyerapan tinta telah penuh. Pastinya kamu pernah bukan ? Melakukan pengisian tinta ketika sudah habis ?

Pada sebuah printer memang ada tempat penampungan tinta, nah jika penampungan tersebut telah penuh maka akan mengalami error tersebut.

Dan solusinya cukup mudah, sama seperti sebelumnya dengan melakukan reset hanya saja menggunakan bantuan software yaitu Tool Resetter.

 

3. General Error

Untuk masalah yang ini biasanya sering ditemukan di printer merk Epson ini. Biasanya kerusakan ini terjadi akibat motherboard yang digunakan.

Dan sensor yang digunakan juga mengalami sebuah kerusakan, untuk mengantisipasi masalah tersebut, sebaiknya kamu sering memeriksa keadaan printer kamu.

Solusi untuk memperbaiki masalah tersebut, kamu harus membawanya ke service yang profesional agar diperbaiki dengan maksimal.

 

4. Tidak Bisa Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak

Biasanya masalah pada printer Epson ini ialah printer tidak bisa mengeluarkan tinta saat kamu mencetaknya.

Walaupun kamu telah melakukan Head Cleaning secara rutin dan terus berlanjut, biasanya penyebab ini karena terlalu banyak udara yang masuk kedalam catridge.

Dan solusi untuk masalah ini, kamu cukup membuang udara pada catridge tersebut secara maksimal agar tidak ada udara lagi di dalam catridge tersebut.

 

5. Menarik Kertas Berlebihan

Selanjutnya penyebab error pada printer Epson ini ialah printer akan menarik kertas lebih dari satu, biasanya penyebab ini karena.

Pada bagian Rollernya, ada bagian part tersebut yang mengakibatkan printer tidak bisa mengontrol jumlah kertas yang masuk ke dalam.

Solusinya untuk masalah ini cukup rumit karena kamu harus melakukan pembongkaran printer tersebut kemudian mengganti Roller tersebut dengan yang baru.

 

6. Blinking Error

Biasanya pada printer Epson L120 sering mengalami Blinking disebabkan karena printer mendeteksi adanya kerusakan yang terjadi pada sparepart printer tersebut.

Jika kamu mengalami masalah ini, biasanya akan menampilkan pemberitahuan pada layar monitor atau laptop yang kamu gunakan.

Solusi untuk masalah ini ialah hanya dengan mereset printer tersebut, dan kamu akan merasakan printer yang kamu gunakan berjalan seperti  biasanya.

Lalu ? Bagaimana cara reset printer Epson L120 manual ? Begini penjelasannya :

 

Cara Reset Printer Epson L120 Manual

Cara Reset Printer Epson L120 Manual

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja penyebab error pada printer Epson L120, maka selanjutnya bagaimana melakukan reset tersebut ?

  • Cabut kabel power selama kurang dari 5  menit.
  • Lalu, jika sudah maka kamu nyalakan kembali.
  • Selanjutnya, tekan tombol power dan tahan tombol resume (logo tinta) selama 5 detik dan kemudian kamu lepas.
  • Lalu, tekan dan tahan lagi selama 3 detik kemudian kamu lepaskan.
  • Selanjutnya biarkan printer.
  • Jika berhasil maka printer akan berjalan seperti biasanya.

Lalu ? Bagaimana jika tidak berhasil ? Apa yang harus dilakukan ? Kamu tidak perlu bingung, karena jika mengguanakan manual tidak bisa.

Maka kamu bisa melakukannya dengan menggunakan software. Namun, software apa yang dapat kamu gunakan ? Begini penjelasannya :

 

Cara Reset Printer Epson L120 dengan Software

Jika menggunakan cara reset manual masih juga tidak bisa, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu bisa melakukan reset dengan bantuan software.

Disini, software yang digunakan ialah Resetter Epson, kamu bisa download Resetter di google, udah banyak kok, dengan menggunakan software ini, kamu bisa melakukan reset ulang printer yang kamu gunakan.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan mendownload software yang akan kamu gunakan.
  • Jika sudah maka silahkan untuk menginstallnya terlebih dahulu.
  • Lalu, kamu masuk pada bagian awal.
  • Jika pada software tidak terdapat modelnya, maka kamu bisa memilihnya secara manual dengan masuk select.
    Pilih-mode-select
  • Selanjutnya pada model name, kamu pilih tipe printer yang kamu gunakan.
    Pilih-model-name
  • Selanjutnya, kamu pilih particular adjustment mode.
    Pilih-particular-adjustment-mode
  • Lalu, kamu pilih waste ink pad counter.
    Pilih-waste-ink-pad-counter
  • Selanjutnya pada bagian waste ink pad counter tersebut, kamu ceklis main pad.
    Ceklis-main-pad
  • Lalu, kamu lakukan check dan initialization.
    Pilih-check-dan-initialization
  • Selanjutnya kamu matikan printer yang kamu gunakan.
  • Dan selesai sudah.

Itu beberapa cara reset printer Epson L120 dengan menggunakan software, jika memang menggunakan manual tidak bisa, semoga bermanfaat.

Zuhair Yahya

Mahasiswa teknik telekomunikasi, yang tertarik pada bidang elektro, dan jaringan komputer.

Tinggalkan komentar