Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Sensor AC LG

2 min read

Air Conditioner atau biasa orang-orang sekitar menyebutnya dengan sebutan AC, salah satu alat elektronik untuk mengdinginkan ruangan. Pada AC LG sudah menanamkan sebuah sensor yang ada pada dalam alat elektronik tersebut.

Misalnya, sensor inverter yang membuat hemat listrik dengan memaksimalkan kapasitas pada ruangan tersebut. Dan juga pada sensor AC LG Jet Cool Dry yang memprioritaskan pengurangan kelembapan area yang ada pada sekitar.

Memiliki sensor Low Refrigerant Detector yang secara otomatis akan memberikan sebuah sinyal kepada pengguna jika terjadi refrigerant untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya sebuah kebocoran.

Dan sensor AC LG tersebut terdapat fitur Watt Control yang dapat membuat agar kita mengatur berapa konsumsi daya yang dibutuhkan sesuai dengan keadaan pada ruangan tersebut.

Lalu pada sensor AC LG seri hecules juga terdapat fitur Neo Plasma System yang memungkinkan dapat melumpuhkan viru flu burung.

Namun, mengapa sering terjadi masalah pada sensor AC LG dalam perangkat elektroniknya. Misalnya suhu yang dihasilkan tidak maksimal atau mungkin lampu indikator yang tidak menyala pada sensor EcoSmart.

Lalu, sebenarnya apa yang terjadi ? Mari kita selesaikan masalahnya

 

Penyebab Sensor AC LG Rusak

Penyebab Sensor AC LG Rusak

1. Terkena Air

Penyebab yang pertama ketika mengalami sebuah kerusakan pada sensor AC LG, yaitu terkena air. Bisa jadi ketika menyemprot atau sedang membersihkan filter AC tersebut terlalu kencang.

Atau bisa jadi kita tidak melepas filter tersebut saat ingin membersihkan. Hingga terjadi sebuah tetesan air yang mengenai bagian komponen elektronik tersebut. Sehingga dapat terjadinya kerusakan pada sensor AC LG itu sendiri.

 

2. Termistor Sensor Rusak

Saat kita menggunakan AC, namun terasa tidak dingin pada suhu ruangan tersebut. Padahal sudah mengaturnya dengan suhu yang dingin. Bisa jadi karena terjadinya kerusakan pada pipa sensor tersebut.

Yang dimana pipa sensor tersebut digunakan untuk mengukur sensor suhu dalam mendeteksi suhu yang ada pada ruangan.

Ketika terjadi kerusakan pada termistor juga nantinya akan menampilkan sebuah kode indikator yang berada pada sensor AC LG bahwa sensor termistornya sudah rusak atau terjadi kerusakan pada sensor suhu tersebut.

Oleh sebab itu jika terjadi kerusakan pada termistor maka dapat membelinya yang baru.

 

3. Kerusakan Pada Remote Control

Sensor Infra Merah

Salah satu penyebab sensor AC LG rusak ialah dengan adanya kerusakan pada remote control itu sendiri. Ketika kita menggunakan remote tersebut, kita tidak bisa menggunakannya dengan jarak yang jauh.

Namun, harus digunakan dengan jarak yang dekat. Kerusakan ini disebabkan oleh kerusakan pada remote control itu sendiri. Itu disebabkan oleh inframerah yang tidak dapat berfungsi dalam menjalakannya.

Oleh sebab itu jika kita ingin mematikan atau menyalakan AC tersebut, maka kita melakukannya dengan jarak yang dekat.

 

4. Thermise Otomatis Rusak

Saat kita menggunakan AC sering kali terjadi AC yang hidup dan menyala sendiri tanpa kita melakukan apapun. Itu salah satu penyebab kenapa sering mati nyala, mati nyala pada AC LG tersebut dikarenakan salah satu sensor AC LG.

Terdapat kerusakan pada thermise otomatis. Ini disebabkan oleh thermise otomatis itu sudah habis atau tidak dapat berfungsi kembali.

Biasanya jika terjadi kerusakan pada thermise otomatis, maka remote control tidak dapat digunakan kembali. Dan jika terjadi kerusakan pada thermise itu maka disarankan untuk menjualnya saja, dan membeli yang baru.

 

Cara Mengatasi Sensor AC LG Rusak

Cara Mengatasi Sensor AC LG Rusak

1. Keringkan Dengan HairDryer

Jika sensor AC LG rusak karena terkena air maka solusinya ialah dengan mengeringkannya dengan menggunakan hairdryer, agar air yang mengenai komponen pada elektronik tersebut yang sudah mengala basah karena terkena air.

Jika sudah mengeringkannya dengan hairdrayer maka diamkan hingga kering atau dijemur. Nantinya secara otomatis akan mengering dan sensor AC LG tersbut dapat digunakan kembali.

 

2. Ganti Termistor Dengan Yang Baru

Gambar Sensor Thermistor

Ketika sudah mengatur suhu pada remote control namun suhu masih saja panas dan tidak dingin, itu salah satu penyebab dari termistor.

Jika terjadi kerusakan pada termistor maka sebaiknya diganti dengan yang baru. Karena sensor tersebut digunakan untuk mendeteksi suhu yang ada pada ruangan tersebut.

Jika tidak menggantinya maka sensor suhu tersebut tidak akan dapat bekerja.

 

3. Jauhkan Remote Control Dari AC

Remote control berfungsi untuk menyalakan, mematikan dan mengatur suhu yang ingin digunakan. Namun, jika remote control tidak dapat berfungi secara maksimal.

Yang artinya kita tidak dapat menggunakan remote tersebut dengan jarak yang jauh. Maka solusinya ialah dengan menjauhkan remote control tersebut dari AC dengan jarak 7 meter.

Dan saat mengganti baterai jangan dicampur atau digabung dengan baterai yang lama. Itu dapat membuat kerusakan pada remote control itu sendiri.

 

4. Jauhkan Thermise Dari Evaporator Indoor

Ketika terjadi kerusakan pada sensor AC LG yang menyebabkan sering terjadinya mati nyala, mati nyala. Maka solusinya ialah dengan menjauhkan thermise dari evaporator indoor, atau dengan menggantinya dengan yang baru.

Thermise itu sendiri biasanya sering disebut dengan mata sensor. Oleh sebab itu salah satu cara untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan menjauhkannya mata sensor tersebut dari evaporator indoor itu sendiri.

 

Harga Sensor AC LG

Berikut harga sensor AC LG yang sudah dibahas pada penjelasan di atas.

1. Sensor Termister

Sensor termister AC LG

Untuk harga sensor termister sendiri kisaran Rp. 150.000,-

 

2. Sensor Remote Control Neo Plasma

Sensor Neo Plasma

Untuk harga sensor remote control neo plasma sendiri kisaran Rp. 410.000,-

Gimana? Udah paham kan gimana cara mengatasi sensor AC LG yang rusak? Tapi jika diperbaiki masih belum bisa juga, mungkin memang sensor AC LG yang kamu punya harus diganti.

Zuhair Yahya Mahasiswa Gabut

Harga AC LG 1 PK

Arli Fauzi
3 min read

Harga AC LG 1/2 PK

Arli Fauzi
3 min read

AC LG Dual Inverter

Zuhair Yahya
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *