AC Mobil Tidak Dingin

Kendaraan bermobil saat ini sudah sangat banyak yang menggunakannya. Alasannya agar terhindar dari panas matahari dan juga terhindar dari hujan itu sendiri.

Benar bukan ? Salah satu alasan kenapa setiap orang ketika berpergian menggunakan mobil. Pasti karena di dalam mobil tersebut terdapat AC yang dapat mendinginkan bukan ?

Lalu ? Bagaimana jika ketika berkendara AC mobil tidak dingin ? Atau bahkan mati ? Pasti kepanasan bukan ? Dan apa penyebabnya?

Cara-Mengatasi-AC-Mobil-Tidak-Dingin

Pada AC perangkat elektronik saja ketika AC tersebut tidak dingin maka pasti ada penyebabnya bukan ? Begitupun dengan AC mobil yang tidak dingin.

Namun, jika sudah mengetahui penyebabnya ? Bagaimana cara mengatasinya ? Haruskah membeli mobil baru ? Atau hanya perlu di service saja ? Begini penjelasannya.

 

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC mobil tidak dingin

Ketika menggunakan mobil, lalu AC mobil tersebut tidak dingin atau mati. Apakah harus mengganti mobilnya ? Pastinya tidak dong.

Saat kita menggunakan apapun ketika mempunyai masalah, pastinya kita harus mencari penyebab masalah tersebut bukan ? Begitupun dengan AC mobil yang tidak dingin.

Ketika AC mobil rusak atau tidak dingin, kita harus mencari tahu apa saja penyebab AC mobil tidak dingin tersebut bukan ? Begini penjelasannya.

1. Freon habis atau bocor

Hal pertama yang menyebabkan Ac mobil tidak dingin ialah freon yang habis atau freon yang bocor pada mobil tersebut, yang mengakibatkan tidak dinginnya udara yang dihasilkan.

Maka, sering-seringlah untuk mengecek kondisi freon ketika menservice mobil, dengan begitu akan menghindari kebocoran pada freon tersebut.

2. Filter AC tersumbat

Filter pada AC memang hakikatnya untuk menyaring debu dan juga kotoran. Bayangkan, jika filter pada AC tersebut tersumbat. Maka udara yang dihasilkan pun tidak akan maksimal.

Karena sirkulasi untuk penyaringan pada udara tersebut tersumbat. Dengan begitu, pastinya yang akan terjadi AC mobil tidak dingin. Atau merasa kepanasan saat menggunakannya.

3. Fanbelt Putus

Salah satu akibat AC mobil tidak dingin ialah karena fanbelt tersebut putus. Karena fanbelt disini sangat vital fungsinya, fanbelt yang menyalurkan putaran mesin ke kompresor.

Jika fanbelt putus, maka yang akan terjadi ialah kompresor mati, freon tidak akan berjalan. Dan pastinya sirkulasi udara yang dihasilkan akan menjadi panas.

4. Extra Fan Mati

Selain fanbelt putus, extra fan yang bermasalah juga akan membuat proses kondensasi didalam kondensor tidak bekerja secara maksimal, yang akhirnya tidak ada udara dingin yang masuk ke kabin mobil.

5. Kondensor Kotor

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin ialah karena kondensor kotor. Jika kondensor kotor, maka proses kondensasi tidak bekerja secara maksimal.

Dengan begitu akan menyebabkan udara yang dihasilkan menjadi tidak dingin lagi, oleh sebab itu sering-seringlah untuk membersihkan kondensor yang kotor.

6. Oli Kompresor Berlebihan

Biasanya sudah ada takarannya sendiri untuk kapasitas oli yang digunakan agar tidak berlebihan, namun kadang kala kita lupa dengan aturan atau takaran tersebut.

Jika oli kompresor berlebihan maka yang akan dihasilkan ialah ruang untuk freon akan berkurang. Jika kita memaksakan oli kompresor tersebut berlebihan maka yang akan terjadi ialah overheat yang nantinya akan menjadi panas.

7. Termostart Bermasalah

Dalam evaporator mobil terdapat alat yang dapat mengukur suhu, itu dinamakan Thermistor Cooler atau Termostat biasanya alat tersebut akan menampilkan suhu yang dihasilkan.

Namun, ketika alat tersebut mengalami kerusakan atau bermasalah, maka udara pada AC tersebut akan menghasilkan panas dan tidak dingin seperti biasanya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya jika AC mobil tidak digin ? Atau juga bermasalah ?

 

Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Cara-Mengatasi-AC-Mobil-Tidak-Dingin

Saat kita mendapati bahwa AC mobil tidak dingin, jangan dulu panik. Kenali penyebab dan cara untuk mengatasinya. Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai penyebab AC mobil tidak dingin.

Nah, disini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi AC mobil tidak dingin ? Begini penjelasannya.

1. Mengecek Kondisi Freon

Jika kita sudah mengetahui kebocoran pada freon mobil, maka solusinya ialah dengan mencari titik kebocoran pada freon tersebut.

Jika sudah maka kita bisa menambalkan atau menyambungkannya. Dengan begitu freon tidak akan bocor kembali dan udara yang dihasilkan akan menjadi dingin.

2. Membersihkan Kotoran Filter

Jika AC mobil tidak dingin, bisa jadi akibat filter tersebut sudah menumpuk debu dan kotoran yang berlebihan, disarankan agar sering-sering membersihkan kotoran yang ada pada filter tersebut.

3. Penggantian Spare Part

Jika kita sudah mengetahui bahwa fanbelt pada mobil tersebut putus, maka solusi yang disarankan ialah dengan mengganti spare part dengan yang lebih bagus lagi.

4. Mengganti Extra Fan

Penyebab AC mobil tidak dingin bisa disebabkan oleh extra fan tersebut, maka jika terjadi kerusakan pada extra fan. Solusinya ialah dengan menggantinya dengan yang baru.

5. Perawatan Rutin

Kita sering kali lupa jika harus terus merawat mobil sendiri. Salah satu kunci utama dalam mengatasi AC mobil tidak dingin, dengan melakukan perawatan rutin.

Dengan begitu tidak perlu lagi khawatir akan kerusakan pada AC mobil dan juga tidak perlu takut akan terjadi AC mobil tidak dingin. Semoga penjelasan tadi bermanfaat untuk yang mengalami masalah tersebut.

Kategori Tips

Zuhair Yahya

Mahasiswa teknik telekomunikasi, yang tertarik pada bidang elektro, dan jaringan komputer.

Tinggalkan komentar